BEKERJA DENGAN AUTODESK MAYA.
Membuat shader menggunakan autodesk maya 2010.
Artikel
ini dibuat untuk memainkan peranan penting dalam visualisasi 3d yang
menggunakan paket perangkat lunak pemodelan , autodesk maya adalah
aplikasi yang digunkan untuk ini, tutorial ini memiliki tingkatan pada
pemula maka penulis mencoba menjelaskan berdasarkan pengetahuan yang
didapat untuk saat ini, mari kita mulai,
SET-UP
Untuk
dapat mengikuti tutorial ini , pengetahuan dasar dari interface maya
harus sudah dimiliki, tetapi itu tidak mutlak adanya sehingga penulis
akan menjelaskan sebanyak yang diketahui dengan sedikit penjelasan
bahasa yang ringan ,
APA YANG MEMBUAT SHADER
Shader
atau yang disebut juga jaringan shading , jaringan shading adalah
sekelompok shading yang memiliki sebuah bahan permukaan yang terhubung
pada model dengan kata lain shading adalah sekumpulan node yang
berbentuk model berisi informasi geometry
dari model. Bahan yang terhubung pada model dapat berbagi kelompok
bayangan yang sama dalam suatu bidang cahaya.
PERMUKAAN BAHAN
Permukaan
bahan pada warna dari model dapat berbeda dalam penampilan atau bentuk
karena ada beberapa bahan permukaan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.
Seperti,
ANISOTROPIK, BLIN, LAMBERT, PHONG, PHONG E, RAMP SHADER, PERMUKAAN SHADER.
Semua
bahan dasar ini memiliki atribut yang berbeda untuk menampilkan materi
dengan tingkat pengaturan bahan yang dimiliki masing masing bahan,
seperti bahan PHONG yang merupakan bahan plastic mengkilap akan berbeda
dengan bahan BLINN, pengaturan bahan ini dapat diedit dengan pengaturan
pada masing bahan.
MEMBUAT SHADERS / MATERIAL UNTUK MODEL.
Langkah pertama – buat model . ( sphere dengan radius 4.0 sections 44 spans 48 ) tampilkan view render layer.
Langkah kedua – klik pada materi yang ingin digunakan akan membuat kelompok shading ( Window – rendering editors – hypershade.)
Langkah ketiga – klik create maya node. Yang dilanjutkan dengan klik material yang dipilih untuk menambahkan ke area kerja.
Langkah
selanjutnya – untuk menetapkan bahan yang dipilih kedalam model , klik
kanan area kerja kilk kanan pilih assign material to selection.
Kemudian, render hasil pekerjaan dengan membuka open render view
lanjutkan denganrender current frame.
MENGEDIT PENGATURAN BAHAN PERMUKAAN.
Untuk mengedit bahan pada permukaan material , klik rendering dan
klik tombol kelompok atribut editor, maka secara default akan membuka
kelompok shading, atau menggunakan kotak hypershade pilih bagian bahan
kemudian klik windows – attributes editor.
Warna – pengaturan warna keseluruhan pada model.
Transparant – Atribut ini mempunyai hitam abu-abu ( grayscale ) putih.
Ambient warna – berfungsi sebagai pengganda untuk warna yang dipilih.
Incandesence
– adalah keseluruhan warna , pada saat mengedit tidak terlalu besar
nilai warna yang diberkan pada nilai , hal ini untuk mencegah warna
menjadi cahaya putih, ( menjaga warna tetap gelap )..
JARINGAN SHADING
Sekarang
kita membuka Standart shading , pertama buka Hypershade ( window –
render editor – Hypershade ) ke kelompok shading klik kanan pilih jaringan Grafik,
Kita mengetahui bola yang terhubung keshading kelompok, pada dasarnya menghubungkan kelompok objeck dari bentuk node dalam model
Pilih
sading kelompok dan membuka editor, klik pada initial shading group
akan terlihat permukaan slot materi memiliki lambert 1 permukaan
material dapat juga melihat di hypershade.
Harap tutorial ini dapat menjelaskan sedikit pengetahuan pada autodesk maya untuk pengetahuan material pada maya
0 komentar:
Posting Komentar